Bersiap Booming Kembaran Digital di Era Kecerdasan Buatan



Industri kecerdasan buatan (AI) memandang kembaran digital (digital twins) – kemiripan virtual manusia atau suatu objek, yang dibuat untuk penelitian – sebagai kegunaan praktis yang ampuh.

Mengapa hal ini penting: Perusahaan teknologi yakin bahwa mereka dapat membuka potensi AI dengan menggunakan teknologi kembaran digital untuk meniru fisiologi, kepribadian, dan objek di sekitar kita.


Saat ini "kembaran digital" dapat berarti apa saja, mulai dari model statistik dari fenomena kompleks, seperti organisme atau sistem cuaca, hingga avatar video seorang miliarder yang terlatih dalam pidato dan postingannya.

Istilah ini baru-baru ini menjadi singkatan dari model AI yang menjanjikan untuk membalikkan penyakit, menggantikan kita menghadiri pertemuan yang membosankan, dan menghibur orang yang kita cintai setelah kita meninggal.

Kembar digital dapat menjadi model AI seseorang atau bagian dari seseorang yang digunakan untuk menganalisis data kesehatan dalam jumlah besar guna memberikan perawatan yang lebih personal atau mempercepat pengembangan obat.

Mereka juga bisa menjadi model AI seperti bumi, topografi kota, atau tempat sampah Anda.

Berdasarkan angka: Gartner memperkirakan pasar digital twins akan membengkak menjadi $379 miliar secara global pada tahun 2034, dari $35 miliar pada tahun ini.

Markets and Markets mengatakan industri layanan kesehatan mendorong pertumbuhan teknologi kembar digital, dengan perkiraan ukuran pasar sebesar $110,1 miliar pada tahun 2028.

Gambaran besarnya: Konsep kembaran digital dimulai di bidang teknik dan manufaktur — namun perluasan penyimpanan data dan konektivitas telah menurunkan biaya pembuatan dan pemeliharaannya, sehingga membuka peluang baru.

Teknologi ini tampak ajaib karena model diperbarui secara otomatis saat data baru tersedia.


Pengusaha teknologi veteran salah satu pendiri LinkedIn, Reid Hoffman, menciptakan kembaran digitalnya, Reid AI, dengan GPT khusus yang dibuat berdasarkan video dan tulisannya selama dua dekade.

Hoffman mengatakan kepada Mike Allen dari Axios di acara Axios HQ bahwa dia ingin menunjukkan "hal-hal positif yang dapat kita lakukan dengan semua teknologi ini."

Hoffman sebelumnya menulis di LinkedIn bahwa dia penasaran "bagaimana berinteraksi dengannya dapat membantu saya berpikir secara berbeda, mengekspresikan diri dengan cara baru, atau menghubungkan ide-ide yang mungkin tidak saya miliki."

Awal tahun ini, dia merilis video dirinya sedang berbicara dengan si kembar, dan dia mengirimkannya untuk wawancara di atas panggung di sebuah acara Bloomberg.

Hoffman menggunakan Hour One untuk membuat video dan ElevenLabs untuk suaranya.

Dia mengatakan kepada Axios bahwa dia hanya akan mempertimbangkan untuk membiarkan Reid AI "bebas di alam liar" dalam interaksi berisiko rendah pada topik yang AI memiliki "akurasi tinggi".

“Mungkin bisa menjadi nasehat bagi para pengusaha, karena banyak sekali konten dari saya di luar sana,” ujarnya.

Ya, tapi: Kebanyakan kembaran digital bukanlah avatar video, dan kegunaan sehari-hari dari bentuk AI ini kemungkinan akan muncul dalam aplikasi yang lebih banyak menggunakan statistik.

Contoh kasus: Sebuah startup bernama Twin Health menciptakan kembaran digital pasien menggunakan sensor yang terhubung dengan Bluetooth untuk mengukur tekanan darah dan jam pemantau detak jantung.

Si kembar menyampaikan informasi ini kembali ke penyedia layanan kesehatan, tetapi juga memberikan tip manusiawi mengenai diet, tidur, dan olahraga.

Daripada memberikan saran umum – seperti pengingat Apple Watch untuk berdiri setiap jam – panduan ini dipersonalisasi.

Pasien, banyak di antaranya penderita diabetes, didorong untuk mencatat apa yang mereka makan dan mendapatkan masukan dari saudara kembarnya.

Jahangir Mohammed, pendiri dan CEO Twin Health, mengatakan kepada Axios bahwa orang dapat menyembuhkan berbagai penyakit dengan teknologi perusahaan. “Orang yang menderita diabetes menjadi non-diabetes,” katanya. "[Mereka] berhenti mengonsumsi obat-obatan."

Intinya: Seperti booming AI yang mendorongnya, pasar kembar digital dimulai dengan aksi-aksi yang menarik perhatian. namun menjanjikan manfaat sehari-hari yang lebih penting.


Megan Morrone - Axios
Next Post Previous Post