Sudah 80 Tahun Dolar AS Memerintah Dunia, Sampai Kapan?


Sudah 80 tahun dolar AS memerintah sebagai mata uang utama dunia. “Tidak seperti negara lain, Amerika Serikat dapat memenuhi kewajiban internasionalnya 'hanya' dengan mencetak uang.”

 

Ini adalah keadaan yang memberi AS apa yang oleh mantan presiden Prancis, Valery Giscard d'Estaing disebut sebagai "hak istimewa selangit" dalam urusan dunia.

Sebagian besar transaksi keuangan, utang internasional, dan faktur perdagangan global dalam mata uang dolar dan hampir 60 persen cadangan devisa global disimpan dalam dolar AS.

“Tidak seperti negara lain, Amerika Serikat dapat memenuhi kewajiban internasionalnya 'hanya' dengan mencetak uang,” kata Luca Fantacci, sejarawan ekonomi di Universitas Milan (Universit√† degli Studi di Milano)

“Artinya mereka tidak memiliki kendala anggaran dalam melakukan pengeluaran, pinjaman atau bahkan hibah ke luar negeri”.

Hegemoni dolar AS berawal dari konferensi Bretton Woods yang diadakan pada tahun 1944 ketika 44 negara Sekutu selama Perang Dunia II saat itu menyetujui pembentukan sistem moneter internasional baru.
 

Kini dedolarisasi atau mengurangi ketergantungan terhadap dolar AS, semakin marak..Sebagian analis menilai aksi anti dolar ini tidak akan bertahan, tetapi ada pula yang menilai kali ini akan terus menguat.


voa, bloomberg, zid

Next Post Previous Post