Bukan Kota Biasa, Kota Futuristik Rp 15 Ribu Triliun yang Dibangun Arab Saudi


Arab Saudi membangun struktur kota futuristik terpanjang di dunia di barat laut kerajaan itu, lapor The Wall Street Journal (WSJ).


Kota futuristik Neom, yang disebut sebagai The Mirror Line, membentang sepanjang 170 kilometer melintasi gunung dan gurun. Di dua ujung kota berdiri bangunan berlapis kaca reflektif setinggi setengah kilometer.

Kedua bangunan di dua ujung kota akan terhubung melalui jalan dan kereta berkecepatan tinggi yang akan berjalan di bawahnya. Struktur kota  ini akan menelan biaya lebih dari $ 1 triliun (lebih dari Rp 15 ribu triliun), diproyeksikan untuk menampung lima juta orang hidup nyaman plus jutaan wisatawan. 

 
Warga akan dapat melakukan perjalanan dari ujung ke ujung hanya dalam waktu 20 menit. Lihat videonya


Dokumen-dokumen yang terlihat mencakup desain konsep seperti pertanian vertikal terintegrasi, marina untuk kapal pesiar, dan stadion olahraga yang dibangun hingga ketinggian 305 meter di atas tanah.

Struktur kota yang disebut Neom ini adalah kota pintar nol-karbon visi Putra Mahkota dan penguasa de facto Mohammed bin Salman, yang akan seukuran negara bagian Massachusetts di AS.

Neom dibiayai oleh dana kekayaan kedaulatan Arab Saudi dan merupakan bagian dari kerangka kerja yang disebut Saudi Vision 2030, sebuah visi yang berupaya mendiversifikasi ekonomi Arab Saudi dan mengurangi ketergantungannya pada minyak.

Desain inti dirancang oleh Morphosis Architects yang berbasis di AS, yang didirikan oleh pemenang Pritzker Architecture Prize Thom Mayne, dan melibatkan setidaknya sembilan konsultan desain dan teknik lainnya.


The Wall Street Journal, The Telegraph
Next Post Previous Post