Voice of Baceprot, Grup Metal from Garut Jadi Sorotan Utama Forbes 30



Band metal asal Garut, Jawa Barat, Voice of Baceprot, masuk dalam daftar Forbes 30 under 30 Asia 2024. Bukan hanya menjadi salah satu anak muda tersukses versi Forbes Asia, Voice of Baceprot juga menjadi sorotan utama untuk kategori hiburan dan olahraga. 

Kategori hiburan dan olahraga atau entertainment and sports menyoroti talenta generasi selanjutnya, baik di layar maupun lapangan. Forbes mengecap Voice of Baceprot atau VoB sebagai grup band dengan reputasi menantang stereotip yang hidup di tengah masyarakat Indonesia. 


Bagaimana tidak, grup dengan tiga anggota, yakni Firda Marsya Kurnia (vokal), Widi Rahmawati (bass), dan Euis Siti Aisyah (drum) ini tampil berbeda dari band metal pada umumnya. 

Band beraliran ini kerap kali digambarkan sebagai musisi berpenampilan keras dengan tubuh bertato. Sebaliknya, VoB bak angin segar dengan balutan hijab ketiga anggotanya. Berikut profil Voice of Baceprot yang menjadi salah satu sorotan utama Forbes 30 under 30 Asia 2024.

Lihat performa Voice of Baceprot di video ini


Mengenal Voice of Baceprot 

Voice of Baceprot atau VoB adalah sebuah band metal beranggotakan tiga gadis berhijab asal Garut. Ketiga gadis itu dipertemukan saat duduk di bangku Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Baqiyatussolihat Singajaya, Garut, Jawa Barat. 

Pertemuan di kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) teater tersebut menuntun ketiganya untuk terjun ke dunia musik. "Dulu kami ekskul teater waktu duduk di MTs kelas 2. Terus kami mencoba drama musikal, tapi kami malah suka dengan musiknya,” tutur Firda pada 7 Juni 2017 silam.

Pembimbing teater, Erza Satia alias Abah Erza, berjasa memperkenalkan ketiganya dengan berbagai genre musik dan lagu. "Pengasuh kami Abah Erza meminjamkan laptop. Di situ ada daftar lagu kesukaan dia. Pas kamu dengar, ini musik enak juga. Langsung jatuh cinta sama musiknya," ungkap Firda. 

Meski ketiganya kini fokus menggeluti musik metal, sebetulnya masing-masing menyukai musik yang berbeda. Firda mengaku menyukai hiphop, Widi menggemari musik funk seperti band Red Hot Chili Peppers, sedangkan Siti menikmati band metal seperti Lamb of God dan System of Down.


kompas, zaman
Next Post Previous Post