Sudirman Said Bakal Cagub DKI Jalur Independen Tanpa Diusung Partai Politik



Sudirman Said bakal maju di pilgub DKI via jalur perseorangan secara independen tanpa diusung oleh partai politik.


KPU DKI Jakarta mengaku sudah menerima konsultasi dari Sudirman Said yang akan mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur jalur perseorangan.

"Kemarin sore kami menerima dari tim Bapak Sudirman Said yang akan daftar jadi bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dari jalur perseorangan," kata Komisioner KPU DKI, Dody Wijaya, kepada wartawan, Jumat (10/5).

Dody menyebut, Sudirman akan maju dalam Pilgub DKI 2024 berpasangan dengan Abdullah Mansuri.

Saat ini, Sudirman sudah mengajukan akses Silon untuk melengkapi persyaratan pendaftaran sebagai calon gubernur DKI.

"Dan kami menunggu sampai dengan batas akhir, yaitu hari minggu 12 Mei pukul 23.59 WIB," ujar Dody.

Sebelumnya, KPU DKI telah menerima konsultasi dari 2 bakal calon gubernur. Salah satunya adalah suami Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid, Noer Fajrieansyah.

“Sudah ada 2 tim dari bakal pasangan calon yang sudah berkonsultasi ke KPU DKI Jakarta, pertama dari Tim Pak Dharma Pongrekun, yang kedua kami hari ini menerima konsultasi dari tim pemenangan Noer Fajrieyansyah dari Teman Bang Fajrie,” kata Anggota sekaligus Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Dody Wijaya, Senin (6/5).

Jalur perseorangan ini adalah jalur di mana calon mendaftarkan diri secara independen tanpa diusung maupun didukung oleh partai politik. Hanya saja, bakal calon harus mengumpulkan dukungan 618.968 KTP atau 7,5% dari DPT Jakarta, yakni 8,2 juta. Serta, pernyataan dukungan di 4 wilayah.

Sebelum Fajrie, Dharma Pongrekun sudah lebih dulu berkonsultasi dengan KPU DKI. Fajrie baru berkonsultasi hari ini diwakilkan oleh beberapa timsesnya yang mengatasnamakan kelompoknya sebagai Teman Bang Fajrie.

Dharma Pongrekun adalah seorang purnawirawan Polri dengan jabatan terakhir, yakni Analis Kebijakan Utama Bidang Jianbang Lemdiklat Polri. Sebelumnya, dia pernah menjabat sebagai Wakil Kepala BSSN. Sedangkan, Fajrie merupakan salah satu Komisaris Petrokimia Gresik.


kumparan
, zaman
Next Post Previous Post